25 Maret 2012

Tutorial Mengahapus URL dari Index Google


Mengahapus URL dari Index Google — Ada yang salah pada salah satu url artikel kamu ? Ingin menghapus URL tersebut dari index hasil pencarian Google ? Memang kadang kala, selain ingin setiap artikel kita dapat dengan cepat di-index oleh Google, kadang juga ada beberapa kesalahan pada artikel kita yang belum sempat diperbaiki tapi sudah lebih dahulu terindex di mesin pencari Google. Seperti pengalaman saya baru-baru ini, saya belum sempat merubah Judul pada salah satu artikel terbaru saya, tetapi artikel tersebut sudah lebih dulu terindex. Bagaimana cara menghapus URL artikel tersebut dari index Google?


 Cara menghapus suatu halaman atau URL dari hasil pencarian Google :

1. Buka halaman Google Webmaster Tools.
2. Pada halaman home Webmaster Tools, klik pada Blog berisi artikel yang ingin kamu hapus.
3. Pada Dashboard, klik Site configuration di sisi kiri halaman.
4. Klik Crawler access, dan klik tab Remove URLs.
5. Klik Create a new removal request.
6. Ketikkan atau copy-paste URL dari halaman yang ingin kamu hapus dari hasil pencarian Google.
    Contoh : http://blogkamu.blogspot.com/2012/05/ini-adalah-halaman-yang-salah.html
7. Klik Continue.
8. Klik, Yes, remove this page.
9. Klik Submit request.

Kalau langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan, tinggal tunggu saja sampai permintaan kamu dilakukan oleh Google. Jangan lupa untuk mengunjungi halaman Crawler access pada Google Webmaster Tools untuk melihat apakah permintaan kamu untuk menghapus URL sudah diterima dan dilakukan oleh Google.
Untuk meyakinkan kembali, cek juga pada mesin pencari Google dengan cara mencari halaman tersebut (yang sudah kamu submit untuk dihapus) pada hasil pencarian Google. Salah satu caranya, kamu bisa mengetikkan "site:blogkamu.blogspot.com" di mesin pencari Google dan lihat apakah URL yang ingin kamu hapus tadi masih terindex atau tidak.

Sekian tutorial dari O-Tutorial.

Share yuk:

banner
Next Post
Previous Post

Yuk rajin membaca dan terus mencari tahu hal baru!

4 komentar:

  1. gan,
    alamat blog saya dulu akahitofahmi.blogspot.com
    terus saya ubah domainnya ke fahmi-kun.co.cc
    terus saya ubah lagi ke blogspot soalnya udah expired. Diganti jadi Fahmi1597.blogspot.com
    terus waktu saya searching di google, ada salah satu artikel saya masuk ke indeks google, tapi urlnya malah url yan co.cc, saya klik malah 404 not found dan ngga keredirect ke fahmi1597.blogspot.com ..

    gimana tuh gan? maap blepotan masih newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. kalau sudah expired ya sudah gak ada lagi akunnya.. saya dulu pake .co.cc juga :D.. gak bisa direct ke blog barumu.
      yang ada di hasil pencarian itu berarti adalah index yang dulu, lebih baik dihapus saja dari .co.cc nya, login trus hapus domain yg expired.

      semoga membantu :)

      Hapus
  2. Penerjemah Bahasa Korea said: biasanya low blog/website yg sdah expired atau suspended yang muncun adl cache dari arsip web tersebut sob dan itu akan selalu muncul di direktori mbah google..salam sukses selalu.thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawaban untuk pertanyaan bro Fahmi Kun ya .. terima kasih bro ^^

      saya sendiri belum begitu dalam pengetahuannya ttg hal tsb, masalahnya kan yang terlanjur terindex di google itu yang domain .co.cc, gak ngedirect ke url blog aslinya. saya sendiri saat memposting artikel dan mengganti judul setelah terposting, yang ada di google ya terlanjur judul yang lama yang ditampilkan, tidak menyesuaikan ke judul yang baru.

      Hapus

Komentar, Saran dan Kritik kamu dibutuhkan dalam perkembangan Blog ini.
Jika kamu tidak memiliki akun / tidak terdaftar, silahkan berkomentar pada Tab Komentar di sisi kanan atas halaman.