24 Maret 2012

Rencana Pengadaan Kereta Super Cepat Jakarta – Bandung


Kereta Super Cepat — Sudah pernah mendengar ataupun mengetahui informasi tentang "kereta super cepat" ? Yang kita tahu, kereta itu sudah digunakan di beberapa Negara maju seperti Jepang, China, Prancis, Jerman dan lainnya. Bagaimana dengan Negara kita sendiri "Indonesia" ? Bersiaplah, karena pemerintah kita sedang mempersiapkan proyek kereta api super cepat rute Jakarta-Bandung dengan panjang lintasan 144 km dan perkiraan biaya sebesar Rp56,1 triliun.

Untuk mewujudkan proyek ini, pemerintah telah bekerja sama dengan Menteri Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang (The Ministry of Land, Infrastructur, Transport and Tourism of Japan) untuk melakukan studi kelayakan awal jalur dan kereta apa yang akan digunakan. Dalam penyusunan studi, Kementrian Jepang menunjuk Japan Railway Technical Service (JARTS) dan Yachiyo Engineering Co Ltd. (YEC) untuk bekerjasama.

Untuk rute Jakarta-Bandung, hasil studi menunjukan, dibandingkan dengan pengguna jasa mobil sebanyak 45.000 orang per hari, dan bus sebanyak 18.000 per hari, ternyata rata-rata pengguna kereta api hanya 3.600 orang per hari. Dalam hal biaya dan waktu, jasa kereta api juga kurang efisien, jasa kereta api yang digunakan saat ini mengharuskan kita membayar Rp80.000 dengan waktu tempuh 3 jam, sedangkan untuk jasa mobil dan bus kita hanya perlu membayar sekitar Rp45.000 dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.
Diklaim oleh Kenji Edo (Perwakilan Menteri Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang) bahwa rute tersebut dapat dilalui kereta super cepat hanya dalam 45 menit dengan kecepatan rata-rata 210 km/jam.

Namun, PT Kereta Api Indonesia justru bersikap pesimistis atas proyek kereta super cepat tersebut.
Menurut Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan, hambatan ada pada nilai investasi proyek tersebut yang terlalu besar, dan ia menegaskan perlunya kajian yang lebih mendalam untuk implementasi proyek tersebut, seberapa pentingnya dan dibutuhkannya kereta super cepat bagi masyarakat Jakarta dan Bandung.

Proyek ini, kalau sudah bisa dimulai dari sekarang, kemungkinan nantinya akan selesai pada tahun 2017-2018.
Beberapa tipe kereta yang akan melayani rute Jakarta-Bandung tersebut antara lain :

  1. Tipe KA Super Ekspres
      Rute Jakarta-Bandara Internasional Baru (Karawang)-Bandung. Waktu tempuh 45 menit.
  2. Tipe KA Airport Shuttle
      Rute Jakarta- Bandara Internasional Baru (Karawang). Waktu tempuh 20 menit.
  3. Tipe KA Ekspres
      Rute Jakarta-Bandung dengan berhenti di setiap stasiun. Waktu tempuh 50 menit.

Bagaimana menurutmu ? Apa kamu mendukung rencana pemerintah tersebut ? Atau ikut pesimis seperti PT KAI ?
Apapun itu, tentu yang kita harapkan adalah sesuatu yang baru atau adanya perubahan dalam sistem dan moda transportasi umum di negeri ini agar masyarakat dapat menikmati kenyamanan dan rasa aman saat menggunakan jasa transportasi umum, juga dapat membantu berkembangnya perekonomian negeri ini.
Asal jangan sampai malah menambah daftar kecelakaan di pintu perlintasan kereta api .. hehehe liat aja speed kereta ini "rata-rata 210 km/jam" *ngeri*.

O-Media

Share yuk:

banner
Next Post
Previous Post

Yuk rajin membaca dan terus mencari tahu hal baru!

2 komentar:

  1. Menarik nih blog nya...

    Salam kenal...

    Mau bikin skin gadget semau kamu?
    Kunjungi website kami : http://www.skinbagus.com/

    Customer care (YM) : cs.skinbagus / skinbagus

    twitter : @SkinBagus

    Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih gan :)

      salam kenal juga..

      Keren2 skinnya, tapi saya masih blom punya laptop.. Hehehe
      trimakasih atas kunjungan dan komentarnya :D

      Hapus

Komentar, Saran dan Kritik kamu dibutuhkan dalam perkembangan Blog ini.
Jika kamu tidak memiliki akun / tidak terdaftar, silahkan berkomentar pada Tab Komentar di sisi kanan atas halaman.