31 Maret 2012

Profil dan Perjalanan Singkat Musik YUI

Profil Biografi YUI YUI Hong Kong YUI Jepang

Profil dan Perjalanan Singkat Musik YUI — YUI adalah penulis lagu dan penyanyi pop-rock Jepang yang lahir dan besar di Fukuoka, Jepang. Dia tidak memiliki ingatan tentang ayahnya, karena dia memang tidak pernah hidup bersama ayahnya. Dia menulis sendiri lagu-lagu yang dinyanyikannya, dan dia juga selalu memainkan gitarnya sambil bernyanyi. Di luar Jepang, dia relatif dikenal, terutama dengan beberapa singlenya seperti "Rolling Star" dan "again" yang menjadi lagu opening dari serial anime terkenal "Bleach" dan "Fullmetal Alchemist". Pencapaian internasionalnya terbukti saat konser terbarunya di Hong Kong, tiketnya terjual habis padahal itu adalah konser pertamanya di luar Jepang.

YUI memulai semuanya dengan menulis puisi puisi di kelas 9. Di umur 16, dengan rekomendasi dari temannya, dia mulai untuk belajar bernyanyi, menulis lagu, dan gitar di sebuah sekolah musik di kota asalnya, "Fukuoka". Bercita-cita menjadi profesional, dia membawa gitarnya berkeliling dan tampil pada beberapa area lokal seperti pantai Shingu dan sawah Kaminofu.

Maret 2003, di sebuah audisi yang diadakan Sony Music Japan, semua juri memberikan skor tertinggi kepada YUI, yang menyebabkan persaingan sengit antara para label. Di audisi tersebut, dia manyanyikan 3 (tiga) lagu "Why Me", "It's happy line", dan "I know" (meskipun peraturan audisi menyatakan peserta hanya boleh menyanyikan 2 (dua) lagu. Dengan duduk menyilangkan kaki di lantai, dia memetik gitarnya dan bernyanyi. Semua orang termasuk para juri yang ada di audisi saat itu mengatakan bahwa "penampilannya berhasil menciptakan aura yang dahsyat dari suara indahnya, dan merebut hati seluruh penonton". Pada Desember 2004, "It's happy line" dirilis sebagai single indie yang pertama, juga dengan "I know" sebagai lagu kedua.

Setelah meninggalkan Fukuoka untuk hidup di Tokyo, YUI menulis lagu "Feel my soul". Dia berencana merilis lagu itu pada label indie sebagai penghormatan untuk kampung halamannya, saat lagu itu sampai di telinga produser Fuji TV, Mr. Yamaguchi, saat melihat demo video klip YUI. Mr. Yamaguchi mengatakan suara YUI sangat menghantuinya untuk segera pergi menuju studio rekaman miliknya. Dia bahkan memakai lagu debut YUI untuk drama "Fukigen na Gene".

Meski dia tidak begitu nyaman saat mulai berbicara dengan orang banyak, YUI menikmati berkomunikasi dengan ponontonnya saat dia melakukan street performances di distrik Tenjin, Fukuoka. 

Album pertamanya, "FROM ME TO YOU" dirilis pada 22 Februari 2006 dengan banyak pujian. Diantara 13 lagu, ada 9 lagu baru dan sudah diterima dengan baik oleh para penggemarnya. Albumnya sudah terjual dengan cukup baik, meraih peringkat mingguan ke-9 album terlaris di Jepang, dan lagu utamanya "TOKYO" meraih tempat ke-4 di tangga lagu MTV Japan.
YUI telah mengasah kemampuan akting dan menyanyinya dalam film "Taiyou no Uta" yang rilis 17 Juni 2006, yang juga sudah dirilis di berbagai negara Asia.

YUI merilis album kedua yang berjudul "CAN'T BUY MY LOVE" pada 4 April 2007. Langsung menempati posisi #1 (pertama) di tangga lagu, dan bertahan sampai 2 (dua) minggu berturut-turut.
Album ketiganya, "I LOVED YESTERDAY" telah dirilis pada 9 April 2008, dan menjadi posisi teratas (#1) lagi di tangga lagu.

Album kompilasi pertamanya "MY SHORT STORIES" dirilis pada 12 November 2008. Terdiri dari semua lagu B-side pada single-single sebelumnya dan juga satu lagu baru, "I'll be". Setelah perilisan ini, dia beristirahat dari kegiatan menyanyi untuk mengembalikan energi tubuhnya.

Di 2009, setelah beristirahat, YUI kembali lagi dengan single yang menjadi tangga lagu teratas "Again". Lagu itu menjadi opening sebuah serial anime populer "Fullmetal Alchemist: Brotherhood". Single ini menjadi salah satu single terlarisnya sampai sekarang, sudah terjual ebih dari 110.000 copy pada minggu pertama perilisannya.

Pada 7 Oktober 2009, YUI merilis single double A-sides pertamanya, "It's all too much / Never say die". Kedua lagu itu dijadikan theme song dan juga sebagai insert song di film Kaiji. Single ini menjadi #1 di Oricon charts, menjadikan YUI sebagai penyanyi-penulis lagu ketiga yang memiliki 3 single #1 (top charts) berturut-turut, setelah Matsutoya Yumi dan Utada Hikaru.

YUI memulai tahun 2010, tahun ke5 sejak awal debutnya, dengan dirilisnya "GLORIA" pada 20 Januari.
Sebulan sebelum rilisnya album keempat yang ditunggu-tunggu, YUI merilis single berjudul "to Mother". Single itu meraih #1 di Oricon charts, menjadi single ke5 YUI yang sukses berada di #1 Oricon secara berturut-turut (dari total 7 single). "HOLIDAYS IN THE SUN" rilis pada 14 Juli 2010, hampir dua setengah tahun setelah "I LOVED YESTERDAY". Menduduki posisi teratas Oricon charts, dan menjadi album studionya yang ke3.

Sebuah single untuk menyambut Natal, "Rain" dirilis pada 24 November sebagai singlenya yang ke17. Lagu ini menjadi theme song untuk serial drama TV Fuji "PERFECT REPORT". Sayangnya single ini hanya mampu menduduki posisi #2 pada Oricon weekly charts, dan itu juga berarti mengakhiri deretan single #1 yang pada single-single sebelumnya selalu berada di posisi #1.

"It's My Life / Your Heaven" adalah single ke18 yang dirilis YUI. Dirilis dalam 2 (dua) versi : CD+DVD edisi terbatas dan edisi regular CD-only. "It's My Life" dipakai sebagai lagu komersial U-CAN's 2011, sedangkan "Your Heaven" sebagai lagu komersial Sony Walkman PlayYou. Single ini mendapat sertifikat emas untuk penjualan yang mencapai 100.000 copy.

"HELLO  ~Paradise Kiss~" adalah single ke19 (Juni 2011), menjadi theme song utama pada film Paradise Kiss, dan "YOU" menjadi ending theme song.

Single ke20 berjudul "Green a.live" rilis Oktober 2011, didedikasikan untuk bencana gempa bumi dan tsunami di Tohoku 2011 lalu.

HOW CRAZY YOUR LOVE adalah album studio ke5 dari YUI. Lagu "Lock On" dipakai menjadi theme song untuk drama Kaito Royale. Edisi terbatas album ini datang dengan DVD khusus penampilan langsungnya di Hong Kong HOTEL HOLIDAY IN THE SUN dan video dokumenter perjalanannya ke Hong Kong.
Album ini mendapat sertifikat Platinum atas penjualan yang menembus 250.000 copy.

Dan baru saja pada tanggal 26 Maret 2012 kemarin, YUI merayakan ulang tahunnya yang ke 25. Semoga karirnya semakin baik, lagu-lagunya semakin keren dan tetep easy listening, dan yang terpenting, semoga saja YUI bisa mengadakan konser di Indonesia (cuma berkunjung juga boleh deh) berhubung sekarang Budaya dan Musik Jepang makin diminati di Indonesia.

I'm Proud to be a YUI Lovers.

Profil :
  • Nama Panggung: YUI
  • Nama Asli: Yoshioka Yui (吉岡唯)
  • Tanggal Lahir: 26 Maret, 1987
  • Tempat Lahir: Fukuoka, Japan
  • Tinggi: 155 cm / 5'1"
  • Gol. Darah: AB
  • Temat Favorit: Pantai Shingu di Fukuoka
  • Hobi: Film, membaca, gitar akustik, badminton
  • Keluarga: Ayah (Meninggal), Ibu, Nenek, anak tunggal


 


Share yuk:

banner
Next Post
Previous Post

Yuk rajin membaca dan terus mencari tahu hal baru!

2 komentar:

  1. Selamat ya Yui...! bukan cuma wajahnya yg cantik tapi juga punya bnyak skill bermusik.! untuk menjadi bintang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap benar, suara dan lagu-lagunya sangat khas ^^
      Terimakasih kunjungannya

      Hapus

Komentar, Saran dan Kritik kamu dibutuhkan dalam perkembangan Blog ini.
Jika kamu tidak memiliki akun / tidak terdaftar, silahkan berkomentar pada Tab Komentar di sisi kanan atas halaman.