Memuat...

Cara dan Langkah Membuat Origami Burung [Update]

1 April 2012

cara membuat origami burung LM


Cara Membuat Origami berbentuk Burung — Origami adalah kesenian melipat kertas yang berasal dari negeri Sakura "Jepang", terdapat banyak sekali bentuk-bentuk yang bisa dibuat dengan teknik origami, mulai dari hewan, pakaian, benda-benda mati dsb, dan kertas yang digunakan juga bermacam-macam tergantung pada bentuk apa yang akan dibuat. Ini adalah artikel pertama di Lingkaran Media yang membahas cara membuat origami. Yang akan kita bahas sekarang adalah origami bentuk burung yang sudah umum. Mungkin kamu sebelumnya sudah pernah melihat origami burung, tapi sudahkah kamu mengetahui langkah langkah membuat origami burung tersebut ?

Langkah membuat origami burung :

1. Sediakan kertas bentuk persegi, atau kertas warna warni yang dijual di toko toko alat tulis dan buku.

origami burung LM1

2. Lipat kertas menjadi bentuk segitiga, lalu ulangi melipat ke bentuk segitiga sekali lagi.

origami burung LM2
origami burung LM3

3. Buka kembali lipatan (kembali ke bentuk semula) sehingga pola pola garis terlihat di kertas. Lipat kertas ke bentuk seperti berikut :

origami burung LM4
origami burung LM5

Lakukan lipatan seperti di atas pada setiap sudut kertas (total 4 kali).

4. Buka kembali lipatan dan pola pola garis pada kertas menjadi lebih banyak. Pola garis tersebut akan membantu dalam membentuk lipatan di langkah selanjutnya.

origami burung LM6

5. Lipat lagi kertas secara diagonal, agar menjadi bentuk segitiga.

origami burung origami jepang Lingkaran Media

6. Lipat kedua sudut segitiga ke arah bagian dalam.

origami burung origami jepang Lingkaran Media

7. Berikut adalah hasil dari lipatan di langkah "6". Rubah dari bentuk A pada gambar, menjadi bentuk B.

origami burung origami jepang Lingkaran Media

8. Nah, sekarang, kalian pasti melihat ada garis lipatan seperti pada gambar A. Lipatlah sudut kertas ke arah dalam mengikuti garis lipatan, menjadi seperti gambar B. Lakukan pada semua sisi, yaitu 4 sisi.


 Hasilnya seperti ini :

origami burung LM8

Lalu lipat menjadi seperti ini :

origami burung LM9

9. Lipat bagian ujung atas ke bawah, lalu pipihkan. Lakukan juga pada sisi sebaliknya.


10. Lipat kertas menjadi seperti ini : Pastikan bagian yang membelah ada di atas, lalu lipat sisi kanan dan kiri kertas ke tengah, lakukan juga pada sisi sebaliknya (bagian belakang).

origami burung LM11

11. Lipat dan jadikan sisi yang terlihat (pada langkah 10) menjadi tertutup dengan cara tarik bagian kakan dan kiri ke tengah. Lakukan juga pada sisi sebaliknya, maka akan terlihat sisi seperti ini :

origami burung LM12

12. Putar kertas 180° (tukar posisi atas & bawah), lalu lipat bagian ujung bawah ke atas. Beri jarak antara bagian yang baru saja dilipat (ini akan menjadi kepala dan ekor burung) dengan ujung atas kertas yang terbelah (menjadi sayap). Lakukan juga pada sisi sebaliknya.

origami burung LM13
origami burung LM14

13. Tukar sisi yang terlihat (tukar seperti langkah 11).

origami burung LM15

14. Tarik kedua ujung teratas, perlahan-lahan untuk membuka bentuk sayap, dan badan burung. Pelan-pelan saja agar kertas tidak sobek.

cara membuat origami burung LM 16

15. Bentuk bagian kepala dan paruh burung dengan menekuk ke bawah salah satu ujung yang lancip. Dan jadilah "burung-burungan" (bicara dengan gaya doraemon), origami tentunya.

origami burung LM17

Gampang kan bikinnya ? Hmm gak puas cuma dengan bentuk burung ini, di lain kesempatan akan saya berikan lagi cara-cara membuat origami dengan bentuk yang lain.
Terimakasih semuanya, sankyuu minnasan .... ja na !! :D

Mohon maaf atas segala kekurangan pada artikel ini ^^v


 

90 komentar:

  1. hihihihi.. jadi keinget jaman sekolah TK dulu...
    pernah bisa bikin origami burung ini...
    makasih mengingatkan kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, wah udah bisa sejak TK ya ternyata.. kalah saya :D hehe
      sama-sama mas, orang jogja ya ?

      Hapus
  2. Susah !! Kesel gajadi-jadi ...
    Tapi begitu jadi (45 menit kemudian) senengnya !!
    Aku gantung deh di ruang kelas ...
    Makasiih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, langkah-langkah yang saya berikan kurang jelas ya ?
      udah berhasil bikin berapa burung nih ? :D

      Hapus
  3. ditodong keponakan buat beli kertas lipat. stlh beli cuma bisa buat bentuk tikus kaya di gambar. mau mbuat burung ini kok susa bener... g jadi2, hahahaa.... btw big thx.. g akan menyerah sblm brhasil, hehee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah galak ya mas keponakannya.. hehe
      jangan nyerah, kalo ada yang kurang jelas, bisa tanyakan di sini mas ^^
      samasama, terimakasih kunjungannya :D

      Hapus
  4. pengen nangis, ga jadi-jadi nih.. T-T

    BalasHapus
    Balasan
    1. gomenne, bagian mana yang sulit? jangan menyerah ^^

      Hapus
    2. Alhamdulillah akhirnya bisa juga, walaupun hasilnya masih kurang menarik. But it's oke.. Sedikit memuaskan hati ini.. :D

      Makasih atas tutorialnya..

      Hapus
    3. dicoba dengan kertas yang bergambar/motif mungkin bisa lebih menarik ^^
      samasama, makasih juga udah memakai tutorial di sini dan berkomentar :D

      Hapus
  5. Susah banget nih yang langkah 5 dan 6 nya -_- udah 2 jam gak jadi jadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba deh sebelumnya perhatikan gambar no 4 :)

      Hapus
  6. maturnuwun bantuane panjenengan mas :)

    BalasHapus
  7. susah langkah 5 sama 6 tolong di bantu :(

    BalasHapus
  8. nomor 5 dooooooooooooooooong,,, kudu nangis ki gak dadi2 :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. no 5, lipat kertasnya mengikuti bekas lipatan yang sudah ada. :)

      Hapus
  9. Wah okey juga tuh, buat nambah kesibukan kalo lagi gk ada kegiatan, hehe.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhe iya masbro.. silahkan. ditunggu reportnya :D

      Hapus
  10. follow me please ::::::

    ...:::^^ http://ninja-blog-games.blogspot.com ^^:::...

    BalasHapus
  11. akhirnya dpt jg caranya...
    walau sempet bingung di step 5 tpi jadi jg...
    thanks...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhe maaf, kurang jelas ya..
      Terimakasih kunjungannya.. ^^

      Hapus
  12. akhirnya aku bisa jg horeeeeeeeeeeeee :D

    BalasHapus
  13. horeee XD
    saya ikut senang... terima kasih atas komentar dan kunjungannya :)

    BalasHapus
  14. ga jd2 di no 5 capeek dehhhh

    BalasHapus
  15. wah rata-rata kesulitan di nomor 5 ya >,,<, maaf kalau kurang bisa dimengerti..
    secepatnya akan saya perbaiki dengan petunjuk dan gambar yang lebih jelas dan mudah dimengerti..
    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

    BalasHapus
  16. haduchh.. cuma nympe nom 5, gak bisa2.... help me...

    BalasHapus
  17. sumpah no 5 susah dimengerti om

    BalasHapus
  18. lumayan susah buat nya tapi hari ini sudah clear kok

    BalasHapus
  19. gampang ah..
    gak ada yang sulit

    BalasHapus
  20. yg nomor 5 kok susah y..-_-'

    BalasHapus
  21. hm kayak nya sulit juga

    BalasHapus
  22. thanks bgt nich jadi bisa ngajarin anak gw.........!!!

    BalasHapus
  23. aku udah bisa..
    makasih,,,

    BalasHapus
  24. Itu bangau kan? langkah no 1-5 bisa pake cara lain kok

    BalasHapus
  25. lankah 5 susah untung aja ada kakak ^_^

    BalasHapus
  26. sempet pusing di no 5.....akhirnya jadi juga....

    BalasHapus
  27. bener no.5 susah.. #:-s

    BalasHapus
  28. ciaa ciaa sulit bangett nomorr yg terahir itu, gak jadi jadi.

    BalasHapus
  29. larasati azzahra27 Maret 2013 18.55

    mksudnya nmr 11 ap sih

    BalasHapus
  30. mohon maaf terjadi kesalahan dalam tulisan diatas. dan sekarang sudah diperbaiki ^^v

    semoga membantu

    BalasHapus
  31. haha jadi inget waktu SD sering banget bikin yang ginian...

    BalasHapus
  32. Baguzz jadinya hhehehehehe TKS

    BalasHapus
  33. Abie Kurniawan18 Mei 2013 11.04

    Makasih Ya Bro

    BalasHapus
  34. Abie Kurniawan18 Mei 2013 11.05

    Ternyata Gampang sekali Bikin Nya ~Oke

    BalasHapus
  35. yey,
    akhirnya jadi jugag
    ini hasilnya
    hehehe
    #pamer dikit gapapa ya :p

    BalasHapus
  36. wah burung putih.. o(^w^)o
    keren, terimakasih untuk kunjungan dan komentar beserta fotonya, jangan bosan untuk berkunjung lagi :D

    BalasHapus
  37. susah banget sih sampai kelur keringat

    BalasHapus
  38. Lu'lu ILmaknun LaaTahzan29 Juni 2013 01.39

    hadooohhh ga ngerti no 11- terakhir, haha

    ampe ga ngantuk begini...... ganbatte ^_^

    BalasHapus
  39. haduuuwwhh, cukuup melelahkan :(

    BalasHapus
  40. susah banget kaka buat a...
    bisah minta ajarin gak ne'kakaka...

    BalasHapus
  41. gg semudah yng aku byangkan

    BalasHapus
  42. Silahkan bertanya kalau ada bagian yg sulit :)

    BalasHapus
  43. nomor 6 susah banget sih aku aja belum ngerti sampe sekarang emang itu satu satunya cara ya??

    BalasHapus
  44. :/ no7-akhir gak ngerti kk

    BalasHapus
  45. coba pelan-pelan ka..

    ikuti seperti pada gambar langkah no 6.
    Kertas yg terlipat dalam bentuk segitiga, ujung (kaki) segitiga dilipat ke arah dalam menjadi seperti gambar no 6 (gambar bawah), dan nanti akan seperti gambar no 7.

    BalasHapus
  46. No 7.
    Setelah dilipat mengikuti gambar no 6, kertas akan terlihat seperti pada gambar no 7A.
    No 7A itu kan kertasnya masih pipih (tertutup), nah pada gambar 7B, itu hanya membuka/memisahkan sudut kertas.

    BalasHapus
  47. Keren, ijin share ya gan :)

    BalasHapus
  48. Terima kasih

    Dengan senang hati. Jangan lupa cantumkan sumber ya ^^

    BalasHapus
  49. ajib kak saya udah bisa buat

    BalasHapus
  50. yey , akhirnya berhasil ngebuat nya ...

    BalasHapus
  51. Yeay, Terima kasih atas komentarnya ^^

    BalasHapus
  52. mochamad ramdan firdaus19 November 2013 19.17

    alhamdulillh bisa juga buatnya hahhaa
    thnks ya
    ini juga buat pr indo

    BalasHapus
  53. Elsa Novitasari14 Januari 2014 18.13

    Keren bgt..
    Akhirnya bisa juga buat burung pke kertas origami..
    makasih bgt yea gan atas infonya
    :)

    BalasHapus
  54. Asikk... Berhasil ya..
    Terima kasih kembali untuk kunjungan dan komentarnya :D

    BalasHapus
  55. muslimah syuhada23 Januari 2014 15.30

    sy sangat suka dgn origami

    BalasHapus
  56. Aku enggak bisa buat :)

    BalasHapus
  57. Akhirnya dapat belajar kembali caranya setelah sekian lama tidak membuatnya... Trima kasih ya?? From malaysia.

    BalasHapus
  58. Putri Melliani16 April 2014 12.31

    Akhir'nya bisa buat jga...
    Thank you:-)

    BalasHapus
  59. Hesty_anastasya1111 Mei 2014 11.15

    walaupun jadiku keriting ..... makasih yaaa.... ini buat kado ultah temanku... thank you very much :D

    BalasHapus
  60. Haha, makasih kembali.. Semoga jadi kado yang bagus.

    BalasHapus
  61. Andrea Wirayudha23 Mei 2014 12.16

    Yes jadi

    BalasHapus
  62. Andrea Wirayudha23 Mei 2014 12.17

    tada

    BalasHapus
  63. Wah selamat! Buat yang banyak dan berwarna warni :D

    BalasHapus
  64. Thanks ya,buat tugas putraq jd mudah

    BalasHapus
  65. iya akhirnya bisa juga ,horee tuk cucu2,makasih yaa

    BalasHapus
  66. Ardilini D A12 Juni 2014 20.32

    Alhamdulillah, akhirnya bisa juga setelah sekian lama :D Wkwk
    Makasih gan ? :D

    BalasHapus
  67. nmr 8 susah bgt
    q jd gk ngerti

    BalasHapus
  68. padahal ini pr adik q
    susah bgt

    BalasHapus

Komentar, Saran dan Kritik kamu dibutuhkan dalam perkembangan Blog ini.
Jika kamu tidak memiliki akun / tidak terdaftar, silahkan berkomentar pada Tab Komentar di sisi kanan atas halaman.