8 Mei 2012

Ringankan Beban Loading Blogmu

 
Ayo buang elemen-elemen yang gak penting — Kali ini saya akan memberikan tips tips bagi kamu yang memiliki masalah pada halaman blog kamu yang berat dan lama saat dibuka. Berhubung tinggal di Indonesia, ya pasti tau lah gimana kualitas kecepatan internetnya, saat internetan browsing sesuatu yang dicari, kadang walaupun halaman blog yang kita buka cuma berisi beberapa widget standar tapi tetep aja loadingnya gak kelar-kelar (lebay dech huekks hhuffftt). Apalagi kalo kita buka halaman blog yang isinya gambar semua (emang buku gambar?), ada konten flashnya, script dimana-mana, ada widget music playernya, ada burung biru terbang-terbangan (no hope, itu blog apa pasar malem rame banget), sudah pasti kalian langsung merasa gondok, kesal, emosi, sedih, galau. Parah kan ? Jangan sampai hal tersebut menjadi penyebab malasnya pengunjung blogmu untuk datang lagi. Kecuali blogmu memanglah blog pribadi yang berisikan informasi kegiatanmu atau pengalaman hidupmu (a.k.a curhat elektronik), saya rasa bukan masalah.

Sudah sudah, ada mie ayam special tuh lalu apa saja sih elemen-elemen pada blog yang bisa membebani proses loading membuka blogmu ? Mungkin beberapa faktor di bawah ini bisa kamu hindari dan terapkan.

- Tampilan

~ Gunakanlah gambar-gambar dengan resolusi kecil-sedang atau yang ringan, misal pada penggunaan background, header, dan gambar-gambar pada artikel kamu.
~ Hindari penggunaan widget yang kurang berguna seperti widget jam, kalender, dll yang sekiranya tidak dibutuhkan oleh pengunjung, kan di komputer mereka sendiri sudah ada  info jam, tanggal, bahkan cuaca :p.
~ Untuk blog yang informatif, bukan blog pribadi, pakailah template yang sederhana dan nyaman dipandang, karena pengunjung lebih melihat isi dan konten apa yang kamu berikan di artikelmu.


- Widget, Gadget, dsb

~ Music player, gak usah lah dipakai. Kalaupun dipakai jangan yang autoplay (^-^)v.
~ Kalau gak perlu, hindari juga menggunakan widget photo slideshow, apalagi kalau foto diri sendiri (:betty).
~ Jujur saja saya suka kesel kalo liat burung warna biru muda yang terbang-terbangan di layar monitor. Grr
~ Sebenernya masih banyak lagi widget-widget yang kurang berguna, gunakan widget yang mempermudah pengunjung  untuk menjelajahi isi blog mu, menemukan artikel yang mereka cari.


burung twitter blog widget

Mudah-mudahan dengan mengikuti petunjuk mbah di atas bisa membuat loading blogmu menjadi lebih cepat, ringan, ramah kuota dan bandwidth.
Tetap ingat, tidak semua orang suka melihat burung biru muda yang terbang dan hinggap dimana saja sesuka hatinya.
Tulisan di atas hanyalah artikel belaka, tak ada maksud menjelekkan, menyinggung dan menjatuhkan derajat blog seseorang, jika ada kesamaan nama, ciri-ciri, itu hanyalah kebetulan.
Terimakasih.

Share yuk:

banner
Next Post
Previous Post

Yuk rajin membaca dan terus mencari tahu hal baru!

2 komentar:

  1. jiaaa... Bacanya aj udh ngakak gw..

    Untung blog gw ga alay kya gtu2 bgt :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk emangnya lucu ya artikel ini ?

      jangan sampe dech kaka.. :D

      Hapus

Komentar, Saran dan Kritik kamu dibutuhkan dalam perkembangan Blog ini.
Jika kamu tidak memiliki akun / tidak terdaftar, silahkan berkomentar pada Tab Komentar di sisi kanan atas halaman.