Kereta Super Cepat — Sudah pernah
mendengar ataupun mengetahui informasi tentang "kereta super cepat" ? Yang kita
tahu, kereta itu sudah digunakan di beberapa Negara maju seperti Jepang, China,
Prancis, Jerman dan lainnya. Bagaimana dengan Negara kita sendiri "Indonesia" ?
Bersiaplah, karena pemerintah kita sedang mempersiapkan proyek kereta api super
cepat rute Jakarta-Bandung dengan panjang lintasan 144 km dan perkiraan biaya
sebesar Rp56,1 triliun.
Untuk mewujudkan proyek ini, pemerintah
telah bekerja sama dengan Menteri Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi, dan
Pariwisata Jepang (The Ministry of Land, Infrastructur, Transport and Tourism
of Japan) untuk melakukan studi kelayakan awal jalur dan kereta apa yang akan
digunakan. Dalam penyusunan studi, Kementrian Jepang menunjuk Japan Railway
Technical Service (JARTS) dan Yachiyo Engineering Co Ltd. (YEC) untuk bekerjasama.
Untuk rute Jakarta-Bandung, hasil studi
menunjukan, dibandingkan dengan pengguna jasa mobil sebanyak 45.000 orang per
hari, dan bus sebanyak 18.000 per hari, ternyata rata-rata pengguna kereta api
hanya 3.600 orang per hari. Dalam hal biaya dan waktu, jasa kereta api juga
kurang efisien, jasa kereta api yang digunakan saat ini mengharuskan kita membayar Rp80.000 dengan waktu
tempuh 3 jam, sedangkan untuk jasa mobil dan bus kita hanya perlu membayar
sekitar Rp45.000 dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.
Diklaim oleh Kenji Edo (Perwakilan
Menteri Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang) bahwa
rute tersebut dapat dilalui kereta super cepat hanya dalam 45 menit dengan kecepatan rata-rata 210 km/jam.
Namun, PT Kereta Api Indonesia justru
bersikap pesimistis atas proyek kereta super cepat tersebut.
Menurut Direktur Utama PT KAI Ignasius
Jonan, hambatan ada pada nilai investasi proyek tersebut yang terlalu besar,
dan ia menegaskan perlunya kajian yang lebih mendalam untuk implementasi proyek
tersebut, seberapa pentingnya dan dibutuhkannya kereta super cepat bagi
masyarakat Jakarta dan Bandung.
Proyek ini, kalau sudah bisa dimulai dari
sekarang, kemungkinan nantinya akan selesai pada tahun 2017-2018.
Beberapa tipe kereta yang akan melayani
rute Jakarta-Bandung tersebut antara lain :
1. Tipe KA Super Ekspres
Rute Jakarta-Bandara Internasional Baru
(Karawang)-Bandung. Waktu tempuh 45 menit.
2. Tipe KA Airport Shuttle
Rute Jakarta- Bandara Internasional Baru
(Karawang). Waktu tempuh 20 menit.
3. Tipe KA Ekspres
Rute Jakarta-Bandung dengan berhenti di
setiap stasiun. Waktu tempuh 50 menit.
Bagaimana menurutmu ? Apa kamu mendukung
rencana pemerintah tersebut ? Atau ikut pesimis seperti PT KAI ?
Apapun itu, tentu yang kita harapkan
adalah sesuatu yang baru atau adanya perubahan dalam sistem dan moda transportasi
umum di negeri ini agar masyarakat dapat menikmati kenyamanan dan rasa aman
saat menggunakan jasa transportasi umum, juga dapat membantu berkembangnya
perekonomian negeri ini.
Asal jangan sampai malah menambah daftar kecelakaan di pintu perlintasan kereta api .. hehehe liat aja speed kereta ini "rata-rata 210 km/jam" *ngeri*.
O-Media
Asal jangan sampai malah menambah daftar kecelakaan di pintu perlintasan kereta api .. hehehe liat aja speed kereta ini "rata-rata 210 km/jam" *ngeri*.
O-Media
makasih gan :)
BalasHapussalam kenal juga..
Keren2 skinnya, tapi saya masih blom punya laptop.. Hehehe
trimakasih atas kunjungan dan komentarnya :D